Berita

Okky Dukung Anies Ambil Alih Pengelolaan Air untuk Warga Jakarta

Berita|Selasa 12 Pebruari 2019 08:19 WIB

okky dukung anies ambil alih pengelolaan air untuk warga jakarta

Keputusan Gubernur DKI Jakarat Anies Baswedan mengambilalih pengelolaan air di DKI Jakarta direspons positif oleh Okky Asokawati. Keputusan ini sejalan dengan target Water Supply and Sanitation (WSS) Millenium Development Goals (MDGs) sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.


Anggota Komisi IX DPR RI periode 2014-2018 Okky Asokawati menyambut positif dan mendukung penuh rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengambilalih pengelolaan air di wilayah Jakarta.

"Upaya ini selain karena perintah konstitusi, juga diharapkan akan memperluas akses air bersih bagi seluruh rakyat Jakarta yang saat ini menurut data PAM Jaya sebanyak 40 persen warga Jakarta yang tidak menikmati layanan air bersih," kata Okky di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Politisi Partai Nasdem ini mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk membuat formulasi pengambilalihan pengelolaan air di Jakarta dengan tetap mengedepankan aturan main yang berlaku, dengan tetap mengedepankan sikap kehati-hatian (prudence) agar proses pengambilalihan pengelolaan air di Ibukota dapat berjalan dengan baik dan berakhir pada kemanfaatan sebanyak-banyaknya bagi warga Jakarta.

"Langkah Pemprov DKI Jakarta di sektor layanan penyediaan air bersih ini harus simultan dengan ketersediaan fasilitas sanitasi yang baik. Data tahun 2017 mengungkapkan 800 ribu warga Jakarta yang masih melakukan buang air besar dilakukan secara sembarangan," jelasnya.

Diketahui, langkah upaya ini dilakukan Pemprov DKI untuk memenuhi target Water Supply and Sanitation (WSS) Millenium Development Goals (MDGs) sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Di samping juga menjadi amanat Pasal 12 ayat (1) UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa pelayanan air minum dan sanitasi merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. [sumber teropongsenayan.com]

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

26 + 46

Quote

Pengambilalihan pengelolaan air oleh Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan amanat konstitusi serta akan memberi dampak positif bagi warga DKI Jakarta. Saat ini sedikitnya 40% warga Jakarta (Data PAM Jaya) belum menikmati layanan air bersih.

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.