Berita

Okky Asokawati Minta Kemenaker Usut TKA di Alexis

Berita|Senin 02 Oktober 2017 14:23 WIB

okky asokawati minta kemenaker usut tka di alexis

Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memeperpanjang griya pijat dan spa Alexis membuka fakta lain tentang keberadaan 104 Tenaga Kerja Asing (TKA) sebagaimana dilansir oleh Pemrov DKI Jakarta. Kementerian Tenaga Kerja harus memastikan status 104 TKA tersebut.

Jakarta Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati meminta agar Kementerian Ketenagakerjaan menindaklanjuti keberadaan 104 Tenaga Kerja Asing (TKA) di di Hotel dan Griya Pijat Alexis.

Bagaimana pun, kata Okky, merujuk UU 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan dan Permenaker 16/2015 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, penggunaan TKA diperkenankan dalam posisi manager dan memiliki fungsi untuk melakukan transfer knowledge atau alih pengetahuan terhadap tenaga kerja domestik.

"Pertanyaannya, apa konteks TKA yang bekerja di Alexis tersebut? Saya mendesak kepada Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Ditjen Keimigrasian untuk mengaudit TKA yang bekerja di Hotel dan tempat hiburan terkait dengan izin mereka ke Indonesia," kata Okky di Jakarta, Kamis (2/10/2017).

"Jika mereka mengantongi izin bekerja apakah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan? Jika mereka hanya mengantongi izin berkunjung, namun dalam praktiknya mereka bekerja, berarti ada penyalahgunaan izin," tambahnya.

Sekretaris Dewan Pakar DPP PPP ini meminta pemerintah tegas dalam menerapkan aturan terkait keberadaan warga asing termasuk soal TKA. Apalagi, lanjut dia, keberadaan mereka disinyalir melakukan praktik asusila.

"Langkah Pemprov DKI Jakarta ini harus menjadi momentum seluruh pihak untuk menertibkan dan menegakkan aturan, termasuk dalam aspek ketenagakerjaan," tegasnya. [teropongsenayan]

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

93 + 42

Quote

Kasus lelang keperawanan dan jasa nikah siri merupakan tindakan yang jauh dari peradaban kemanusiaan. Dalam kasus tersebut, perempuan menjadi obyek penderita, perempuan menjadi korban dan perempuan menjadi komoditas

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.